Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Angka BOR di RSUD PadanganBojonegoro
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Angka BORAbstrak
Latar Belakang : Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan Kesehatan memiliki peran yang strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Bentuk pelayanan yang diharapkan yaitu pelayanan yang berkualitas. Rumah sakit berkewajiban memberikan pelayanan yang layak berdasarkan kode etik dan norma-norma yang berlaku kepada pasien. Berdasarkan studi pendahuluan di RSUD Padangan Bojonegoro presentase angka BOR belum ideal pada tiga tahun terakhir.Tujuan : Menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dengan angka BOR di RSUD Padangan Bojonegoro. Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampling menggunakan accidental sampling dengan jumlah 368 responden yaitu pasien rawat inap RSUD Padangan Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kueioner dan dianalisis statistic menggunakan uji Spearman Rho. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,033 atau ≤0,05 dan nilai Correlation Coefficient sebesar 0.111 yang artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan angka BOR di RSUD Padangan Bojonegoro dengan kekuatan korelasi rendah. Kesimpulan : Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan angka BOR di RSUD Padangan Bojonegoro